Monday 5 December 2011

Tuyul

Standard

Gue kasian banget sama nasib tuyul-tuyul di Indonesia sekarang, mereka sedang ngalamin masa-masa tersulit dalam hidup, mereka jadi makhluk halus paling miskin di Indonesia, versi on the spot lho ini. Mereka lebih miskin dari pengemis, lho liat sendirikan tuyul cuma pake celana dalem, pengemis aja masih bisa pake baju, pake celana, meski aku nggak tau mereka pake celana dalam atau nggak. Hehe. Mungkin aja ini gara-gara kerjaan tuyul yang suka nyuri kali ya, coba tuyul ngemis, paling nggak bisa lebih menutup aurat. Tapi alhamdulilah ya sesuatu banget gitu, spesies tuyul yang ada di indonesia {aku nggak tau juga sih, tuyul ada di belahan dunia yang lain atau nggak} cowok semua, bayangin aja kalo tuyul itu cewek, sisa perabot yang lain mau ditutupin pake apa coba ?

Kalo lho pernah perhatiin, sebenarnya yang dipake tuyul itu bukan celana dalam beneran, sejenis kain yang dililitin doang, lho tau itu apa ? itu tali pocong men, dan ini alasan banyak banget pocong yang main film. Cerita tentang pocong difilm itu semuanya salah, nggak ada tali pocong yang dicuri sama manusia, semuanya dicuri sama tuyul, tapi pocong nggak mau malu, masa seikat pocong yang kayak lemper berselimut salju kalah sama tuyul yang botak cebol, makanya difilm-film yang nyuri tali pocong itu manusia, semacam konspirasi gitu lah, buat pencitraan pocong di dunia persetanan.

Setelah gue survei, ternyata penyebab tuyul jatuh miskin adalah karena karir keartisan mereka yang merosot drastis. Tuyul sempat naik daun kalo nggak salah waktu gue masih asde, waktu itu ada “Tuyul dan Mbak Yul”, inget ? lho liat sendirikan gimana tuyul-tuyul waktu itu, tuyulnya pake baju, dan celana dalamnya beneran celana dalam, warna-warni, ada yang polkadot malah. Terus si Samson, yang “gagal maneng gagal maneng son son” pake rompi kan dia. Nah, itu saat-saat terakhir tuyul bersinar, bukan sinar dari kepalanya yang botak lho. Hehe.

Sekarang, tuyul jarang banget malah bisa dikatakan nggak laku, kalaupun di obral kayak blackberry kemaren, mungkin nggak akan ada polisi yang bubarin. Tapi gue pernah waktu itu lagi nonton film horor esek-esek di bioskop, gue lupa judulnya, hantu goyang kerawang atau hantu goyang gayung gitu. Gue pikir tuyul udah maen film lagi, dari kegelapan di kamar mandi gue liat ada yang mengkilap karna cahaya sorot kamera, gue perhatiin bener-bener kayak kepala tuyul, semakin di zoom, eh ternyata belahan teteknya juve. Ukurannya sama sih, jadi bingung gue.

 Kemiskinan tuyul ini membuat gue tertarik buat menganalisisnya. Setelah pinjam buku sama Ki Joko Goblok, gue dapet teori yang pas, teori PMS (baca: pasar model setan), tuyul kalah saing karena beberapa hal:

1.      Tingkat pendidikan tuyul yang rendah. Hal ini menyebabkan tuyul nggak bisa mencuri dengan lebih profesional, misalkan mencuri uang negara. Mereka kalah dari binatang Tikus Berdasi yang kabarnya akan segera di buatkan kebun binatang khusus atas usul Ketua Mahkamah Agung.
Selain itu, dunia intertein persetanan lebih mencari bintang-bintang baru yang memiliki tingkat pendidikan minimal S1. Contohnya Suster Ngesot dan Suster Keramas, mereka ini setan-setan lulusan Akper.
2.      Tidak adanya unsur pornografi yang bisa digali dari tuyul. Seperti yang dikatakan Raditya Dika dalam StandUpnya, “film horor Indonesia itu udah kayak Kentaki Friedchiken, isinya dada paha dada paha”, ini membuat tuyul tidak dilirik oleh rumah produksi. Kan nggak lucu kalo lho nonton film horor yang isinya dada + paha cobocel (baca: cowok botak cebol).
Contohnya Setan Budek, berhasil dipilih menjadi bintang karena dia wanita dan dia budek dan yang paling penting, setannya itu Dewi Persik. Kalo aja namanya Setan Bolot, udah pasti dia cowok, dan bolot, pasti capek si produser kalo harus kerjasama dengan setan bolot. Ngeselin abis.

Itulah sedikit analisis gue tentang nasib tuyul sekarang, buat mahasiswa-mahasiswa yang punya tugas analisis, lho boleh copy paste hasil analisis gue ini buat dikumpulin ke dosen lho, walaupun lho nggak nulis sumbernya, nggak papa, gue nggak marah kok. Gue seneng bisa bantu tugas kuliah lho. ^_^

Mudah-mudahan dengan postingan gue kali ini bisa membuat kita sadar, tuyul juga perlu dipelihara oleh Negara (revisi lagi !).

8 comments:

  1. ajiiibbb !! parah udah ni tulisan .. :D
    manteep cuy bahasanyaa.. lanjutkan !!
    ditunggu tulisan selanjutnya .. :p

    ReplyDelete
  2. hehehehe
    makasih mbak, tapi kok parah ?

    ReplyDelete
  3. . Memank tema setan agi trend yee saat ni',,
    tp satu pertanya'n q,,
    nape kw selalu ngambil masalah tuyul,, ada konfirasi apa kw m tuyul ? ? ?
    Hahahahahahahaha. . .

    ReplyDelete
  4. setan juga pengen tenar hahaha
    aku kasian sm tuyul, kalo ada acara jika aku menjadi tuyul, pengen aku ikut tu
    wakakakkakakkakaka

    ReplyDelete
  5. astaga abg .sampai tuyul pun jadi bahan tulisan ..
    hebat :)
    hahahha

    ReplyDelete
  6. nilainye mash 60

    ReplyDelete
  7. @si zek: makasi, rajin rajin datang ya :D

    @anonim: pasti orang pontianak

    ReplyDelete