Tuesday 29 November 2011

Penting gak penting: part 1

Standard
Gue lagi hotspotan, hujan dan nggak bisa pulang, gue nggak tau mesti ngapain, buka facebook bosen, isinya curhat nasional semua, mau download IDM gue lagi ngambek, terpaksa gue ngeblog. Ya..terpaksa men, gue nggak punya bahan mau nulis apaan, gue nggak tau ini bakalan jadi posting yang penting atau nggak (padahal emang nggak ada yang penting di blog ini).

Mau ngomongin apaan ya ?
oke deh, nama, menurut akte lahir gue, nama gue Kristiawan Balasa. Buat lho yang belum kenal gue, lho pasti lagi mikir......Cukup men...Cukup ! Gue tau, pasti lho mikir gue orang kristen. Bukan cuma lho, waktu pertama kali denger nama itu, gue juga bingung, perasaan waktu gue lahir gue di azan-in, tapi kok Kris ?  ya udahlah, apalah arti sebuah nama.

Tapi ternyata enggak !!
Semester tiga kemaren,  disana, di awal kelas, di bulan Juli (kalo nggak salah) semua penghuni kelas kecuali yang nggak keliatan ditanya sama dosen gue, lho tau apa pertanyaannya ? pasti nggak tau kan ? mau tau ? mau tau ? jamaaaaah ooo..jamaaah ! tunggu setelah pesan-pesan berikut ini.

Iklan pembalut:
Mbak Revalina S. Temat pake pembalut Cham, terus tidur. Tiap jam berubah posisinya, nggak bocor dan tetep putih. Ada dua kemungkinan, kalo lho pake Cham, tidur lho bakalan jadi lasak, atau memang mbak Revalina yang tidurnya lasak ? entahlah saudara-saudara.

Pertanyaannya adalah,”apa arti nama kamu ?”. Jleek ! Gue diem. Semua temen-temen dikelas gue tau arti nama mereka, ada yang namanya Nur Cahaya. Nur = cahaya, cahaya ya cahaya. Lho bisa bayangin gimana orang dengan nama itu, putih pasti dan bercahaya, tapi nggak, temen gue yang namanya Nur Cahaya itu item. Beruntung banget, wajahnya diselamatkan oleh nama. Ada lagi temen gue namanya Alip Samudera Mahesa, “Alip” maksudnya pertama, karna dia anak pertama. “Samudera” karena orang tuanya pengen punya anak yang hatinya seluas samudera. Terakhir “Mahesa”,  artinya maha satu, karena dia satu-satunya orang yang pengen namanya masuk di blog gue...hahhaha..(malu-malu lho).

Sekarang giliran dosen gue tanya arti nama gue, gue bingung, dari Kristiawan Balasa, cuma Balasanya doang yang gue tau artinya, Balasa adalah singkatan nama kakek nenek gue, nenek Bagor dan kakek Lasa. Awas ! Jangan kebalik nenek Bagor dan Kakek Lasa, bukan kakek Bagor dan nenek Lasa, walaupun terkadang gue ngerasa itu lebih cocok.  Gue keturunan Jawa men, kalo gue nyebutnya Jawa peranakan, tapi temen gue bilang gue, Jawa transmigrasi. Huh.
Karna panik, akhirnya gue coba mengartikan nama gue dengan sotoynya. Kris itu keris, ti itu berasal dari bahasa Inggris tea, jadi maksudnya teh, wan itu juga dari bahasa Inggris  one, artinya satu, jadi Kristiawan adalah Teh keris satu. Kok jadi serasa di warung ya ? Mari kita heran.

Nama adalah doa. Buat lho semua yang nggak tau arti nama lho, mending lho langsung pulang dan tanya ke orang tua lho, apa arti nama lho. Kalo nama lho nggak berarti, lho langsung aja minta nikah sama orang tua lho, biar lho bisa membuat nama yang lebih berarti.

Berhubung hujan udah agak reda, gue buru-buru cepet pulang (pemborosan kata),jadi ini baru gue posting sekarang, waktu itu jam udah nunjukin pukul 23.58. Gue nggak mau buat orang tua gue kawatir, di rumah pasti ayah gue lagi nungguin gue pulang di ruang tengah, sambil nonton tipi, walau seringnya tipi yang nonton ayah gue. hehehe. Ini bukan tentang anak mami atau apalah namanya, tapi ini tentang perasaan orang tua lho. Buat temen-temen gue yang sering pulang malen, atau kalo dibilangin jangan pulang larut malam malah pulang pagi, mungkin orang tua lho emang ngebolehin itu, tapi sebenernya tidur mereka nggak pernah sepulas ketika mereka tau kalo lho udah ada di rumah.

9 comments:

  1. hahahaha.. gokil lo sob ! :D

    ReplyDelete
  2. jadi ingat ketika namamu di panggil Kristiawan Balaga oleh pak Arie guru olahraga kita waktu SMA.
    nice story, good idea, keep writing bro.. :)

    ReplyDelete
  3. heheehe makasi mbak putri
    rajin-rajin mampir ke diary ado
    wakakakkakak

    ReplyDelete
  4. bang riki, jujur, aku jak lupa bapak pernah panggil aku gitu hahahahha
    makasih udah ngingatin, mari berkarya membangun Indonesia !

    ReplyDelete
  5. waaan waaan....
    apalah arti sebuah nama...
    'mawar' yang berganti nama jadi 'tai' pun ttp wangii..

    ReplyDelete
  6. SETUJU !
    apalah arti sebuah nama, tapi kalo ad cewek namanya Maimunah sama Vira ngajak kenalan, pasti lebih milih yg bernama Vira kan ? hahahahha

    sejak kapan mawar bs jadi tai ????

    siapapun, tolong kasik tau gmn caranya balas komen di komen orang itu ? aku bingung

    ReplyDelete
  7. @mahesa: santai orang
    dunia ini memang kejam
    wakakakkakakak

    ReplyDelete