Tuesday 29 November 2011

Penting Gak Penting : part II

Standard

Barawal dari yang nggak penting kemaren, gue jadi keasikan buat mentingin postingin namangin masuk anginin gueing. Ribet. Gue mau lanjut tentang nama gue.

Dengan kebingungan gue manyandang nama Kristiawan Balasa ini jelas agak panjang buat dipangggil. Coba nama gue cuma Balasa, akan lebih mudah buat orang manggil nama gue, karena ya semakin panjang nama lho, akan semakin banyak dan aneh nama panggilan lho. Sekarang oleh sebagian besar temen gue, gue di panggil Wawan. Nama pasaran yang sampai dipelosok pasar Indonesia pun ada, malah sangat cocok buat nama copet pasar. Punya nama panggilan yang sama itu nggak enak banget, bingungin dan kadang malu-maluin.

Contohnya aja ya, Wawan, kalo lho panggil gue, pasti “wan” kan ?  Nah, hampir setengah juta tujuh tiga koma lima belas juta nama orang di Indonesia berakhiran “wan”. Mulai dari Ikwan, Setiawan, Marwan, Gunawan , sampai Hewan bahkan Bakwan, berakhiran wan. Entah mungkin emang nama ini nama yang populer di zamannya, atau orang tua gue yang gak kreatif.

Dulu waktu gue esde kelas empat, ada abang kelas gue namanya Erwan. Orangnya ganteng abis, karena gantengnya udah abis, dia jadi jelek. Badannya atletis, pokoknya cucok deh bo’ (apa ini ?). Jadi ada temen sekelas bang Erwan namanya Della, orangnya cantik (waktu kecil gue tau wanita sebatas cantik doang). Sehabis upacara, gue jalan lewat depan kelasnya kak Della, dari dalam kelas gue mendengar seseorang manggil nama gue,“Wan, tunggu, sama sama ke kantinnya”. Mendengar ada yang manggil nama gue, gue diem. “Kak Della manggil gue ? Gak salah ? Gue nggak mimpikan ? Beneran gue kan ? banyakan kan kan ?” Akhirnya gue tungguin Kak Della di depan pintu, gue udah pasang senyum terlebar gue sampe itu pintu tertutup bibir gue semua. Kak Della makin mendekat, dan ternyata ada Erwan nunggu di belakang gue (sekarang nggak pake bang bang lagi !). Gue malu, untung gue pake topi waktu itu, wajah gue langsung gue tutup, saking malunya hidung gue sampe ingusan, dasi merah gue jadi korban cendol kuning yang menggiurkan.

Karena nama Wawan yang pasaran, entah gue ini KW berapa, gue sempet mutusin buat ganti nama panggilan. Gue pengen di panggil Kris, tapi sumpah, ini nama nggak cocok banget buat gue, gue gak perlu kasi penjelasan, karena lho pasti udah bisa nebak alasan gue. Waktu gue kelas tiga esema, gue les di SSC, gue inget banget, waktu itu pelajaran bahasa Indonesia, guru gue ngabsen, tiap kelas jumlah siswanya nggak lebih dari 15 orang, setengah dari temen-temen gue udah diabsen, lalu guru gue manggil lagi,”Tia ?”. Semua orang di kelas pada heran, termasuk gue, karna nggak ada yang namanya Tia di kelas itu.

Lalu guru gue manggil ulang, “Tia ?  KrisTIAwan ?”
Asem. Semua temen-temen gue pada ngakak sambil nunjuk muka gue, malah ada satu yang nunjuk dan jarinya masuk ke hidung gue. Sukurin lho, emangnya enak ! hahahahaha
Dan yang paling lama ketawa disana adalah cewek gue. Malu abis men, diketawaian sama pacar sendiri, LAKI kok dipanggil Tia ? Kan nggak masuk akal.

Dan sejak saat itu akhirnya gue pasrah, mau kucing bertanduk kek, mau gajah betelor kek, mau nenek perkosa kakek kek, terserahlah, sepertinya nama panggilan gue sudah ditakdirkan Wawan, mungkin ini yang terbaik, sesuai dengan wajah gue. PUAS LHO SEMUA !

Tapi gak men, ini belum selesai. Ketika gue kuliah sekarang, karena Wan itu udah cukup menjamur dan akhirnya karatan di kampus gue. Ada beberapa temen dan senior gue yang panggil gue dengan nama Balasa. Hahaahha. Gue seneng, ini nama yang punya tanggung jawab berat menurut gue. (alasannya bisa lho liat di posting sebelumnya). Tapi entah kenapa semesta nggak pernah membiarkan gue tertawa.

Dari BALASA, nama gue diplesetin jadi BALADO. Orang dari RT nama yang nggak tau balado itu apa. Gue nyoba buat berpikir positif, mungkin karena ada taste yang berbeda dari diri gue, jadi mereka mengibaratkan gue dengan sebuah apa ya ? Balado itu sebenernya apaan sih ?

Tapi sebagai seorang mahasiswa yang rajin minta tanda tangan lebih dan sering telat  ngampus, gue nggak kehabisan akal. Dengan segenap doa, usaha, keringat dan air mata, gue berhasil mengubah Balado, menjadi sedikit lebih keren, Ado. Tapi sayang, gue cuma berhasil menghipnotis satu orang  doang, alhasil cuma dia yang panggil gue Ado, sisanya tetep Balado. Dan lagi-lagi gue pasrah.

Waktu terus berjalan, sekarang gue punya nama baru lagi, kloning dari Balasa, dibuat lebih ramping, gesit dan cocok disegala medan, perkenalkan, “BABA” *tepuk tangan riuh penonton. Untung aja men, (A) yang paling belakang gak rengkarnasi jadi (I), kalo nggak makin mengandung protein nabati nama gue.

Itu yang sejurusan, beda jurusan nama gue beda lagi. Balasa berevolusi jadi Balado dan nama jogresnya berubah lagi menjadi Acan. Lho bingung ? Gue jelasin. Acan itu lahir dari Balasa yang berubah jadi Balacan, dan akhirnya timbullah Acan.

Entahlah gue bingung, kenapa jadi aneh-aneh gini nama gue. Nggak seperti senior gue di kampus, nama Ahmad siapa gitu, tapi di panggil Alex. Dunia nggak adil. Mungkin aja kalo gue nanti jadi teroris, terus masuk jadi DPO, dibawah sketsa gambar gue akan ada :

DICARI: HIDUP ATAU SETENGAH MATI
WAWAN alias TIA alias KRIS alias BALASA alias BALADO alias ADO alias BABA alias ACAN alias KRISTIAWAN BALASA
BAGI YANG MENGETAHUI ORANG INI HARAP SEGERA MENGHUBUNGI RUMAH SAKIT JIWA TERDEKAT !

5 comments:

  1. waan, ingat nda dulu aku pernah panggil ente dgn sebutan 'bal' ... ente bingung, cewe ente bingung,yang ngedengerin bingung, pas ane jelasin, ente+cewe ente+yang denger kompak bilang 'ooooh'

    ReplyDelete
  2. sumpah ane bingung tingkat 2
    coba jelasin lagi
    hahhahha

    ReplyDelete
  3. wis..
    tulisannya ngalahin raditya dika nie............

    ReplyDelete
  4. @kurnia: hadoh, sesuatu sekali komentarny hehehe
    makasih

    ReplyDelete