Tuesday 8 November 2011

TRAPS

Standard

Minggu kemaren, gue ikutan acara di kampus, Training of Public Speaking. Pesertanya rame, mayoritas anak angkatan baru, gue tau bukan karena gue kenal mereka satu-satu. Tapi karena mereka punya ciri khas, “rambut cepak”. Waktu pertama gue masuk kuliah, rambut gue juga dicepak, dan itu jelek menurut gue. Bukan berarti gue yang paling jelek, banyak temen-temen gue yang lebih jelek lagi, model cepak cepok, sentuhan artistik senior-senior gue.

Kembali ke acara tadi, disana kita punya jargon,”saya bisa”, “saya luar biasa”, dan yang terakhir “saya bisa saya bisa saya bisa” sambil angkat jempol dan goyangin tangan kita ke kiri, kanan, depan, belakang, samping, utara, timur, tenggara, barat laut, dan barat daya. Sory, gue habis liat peta. Dan gue nggak tau, kenapa gue harus bilang saya bisa ? kenapa gue harus bilang saya luar biasa ? kenapa gue harus angkat jempol ? kenapa tangan gue harus goyang ? kenapa hati gue cenat-cenut ? gue nggak tau, jujur...jujur banget gue nggak tau, gue nggak mau nyari tau, dan gue nggak tau kenapa gue nulis ini.

Acara berlanjut, materi slide demi slide ditampilkan, semilir angin bertabrakan, lantunan irama perjuangan dimainkan, mata gue tetap menghadap depan, gue khawatir dengan keadaan angin yang tabrakan, mudah-mudahan dia cepet baikan. Materi selesai, ada sedikit permainan, kita harus mengikuti apa yang dikatakan tutor dengan kode-kode tertentu. Misalkan, “Traps pegang kepala, traps pegang hidung, traps pegang tangan, pegang bulu hidung. Lho cukup baca, nggak usah ikutan pegang. Gue nunggu mudah-mudahan ada traps pegang dompet temen, ternyata nggak ada, yaudahlah mungkin belom rezeki gue. Nah, untuk setiap perintah tanpa “traps” didepan yang diikutin, berarti salah, dan harus maju ke depan. Akhirnya dapet empat orang yang nggak konsen, mereka dipersilahkan bercerita apa yang harus teman-temannya tau tentang mereka. Ada yang cerita nama, tempat tinggal, jurusan di kampus, bon-bon hutang, tanggal lahir, tanggal ninggal, ada yang cerita kenapa dia dateng pake jas almamater pesantren, pake kaos, dan untung nggak ada yang cerita kenapa dia pake jam tangan mati. Kalo pun ada, gue tau, orang itu pasti gue.

Sesi berikutnya ganti tutor, sebut saja bang Fuad. Pertama ucap salam setelah assalamualaikum, beliau bilang ,“Semangat Pagi !” kita jawab, “ Pagiiiiii !”. Lalu beliau melanjutkan, seharusnya jawab dengan cepat, “Pagi !”. Ini dimaksudkan supaya semangat kita, di waktu kapanpun sama seperti semangat kita di pagi hari. Kalo nggak salah gue, salam di kepolisian juga pake semangat pagi, dan kemungkinan besar polisi di daerah gue juga mengadopsi salam ini. Kalo salah tolong kasi tau gue, dan gue juga minta maaf. Pantesan aja polisi disini rajin banget padahal udah siang bahkan sore,  pasti gara-gara SEMANGAT PAGI ini, mungkin mereka bersemangat karena di pagi hari mereka sering razia, mau bebas administrasi Rp. 50.000,- atau ikut sidang, kalo lho ikut sidang berarti tanda pengenal lho ditahan.

Lanjut ke materi, sebagai pembuka, bang Fuad bertanya ke kita semua, “ di dunia ini apa yang paling kalian takutkan ?”, ada yang jawab, “harimau”, “anjing”, “cacing” (yang teriak cacing ini anak cowok), ada lagi yang teriak, “takut sendiri bang”, gue yakin anak ini pasti anak galau, dia takut sendirian, lalu dia galau, dia update status di facebook, “4ku L46i 94L4u niH, t3m3n1N 4ku d0n999 !”, lalu nggak ada yang komen, dia makin galau, dan dia gabung ke grup Galau Community. Kasian ni anak. Ada lagi yang teriak, “takut lupa ingatan bang”, menurut gue ini anak pasti tukang kredit, dia nggak mau rugi, jadi dia takut lupa ingatan. Lalu gue tanya sama diri gue sendiri, “Wawan, di dunia ini apa yang paling lho takutin ?”, hati kecil gue jawab,” yang paling gue takutin adalah ketakutan itu sendiri”. Bijak banget hati kecil gue.

Kita belajar gimana caranya ngomong di depan publik, dan yang beruntung maju ke depan waktu itu seorang cewek dan seorang cowok, sebut saja Putri dan Topan. Kita ditampilkan gambar dalam serangkaian slide, gambar-gambar anak kecil yang kelaparan, busung lapar, pokoknya miris banget. Tugas mereka yang beruntung itu adalah menceritakan gambar dari slide yang ditampilkan. Yang pertama mbak Putri, dari sekian kata yang terlontar, yang gue inget dia bilang, “para pejabat kita banyak yang tidak layak, maaf, kurang layak menjadi seorang pejabat dan tidak mampu menjalankan apa yang diamanatkan oleh undang-undang”. Helooo mbak Putri, di dalam undang-undang dikatakan, FAKIR MISKIN DAN ANAK TERLANTAR DIPELIHARA OLEH NEGARA. Tolong di zoom pada tulisan DIPELIHARA. Oke gue coba jelasin, di rumah, gue pelihara marmut, dulu ada dua ekor dan sekarang udah jadi delapan ekor. Berarti gue cukup sukseskan memelihara marmut ?  Nah, begitu juga dengan pemerintah kita, dari tahun ke tahun fakir miskin makin banyak di Indonesia, berarti pemerintah kita berhasil dong menjalankan apa yang diamanatkan undang-undang. Gitu aja kok repot mbak ? gue nggak tau logika gue yang salah atau yang nulis yang salah

Lalu di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dituliskan, “.....perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Republik Indonesia.....”. Jadi sudah jelas rakyat itu cuma sampai di depan pintu gerbangnya aja, mau masuk susah, mau mundur nanggung, yang masuk ke dalam kemerdekaan cuma anggota dewan, birokrat, pengusaha, and the genk. dan lagi-lagi gue nggak tau siapa yang salah, mudah-mudahan gue

Itu yang gue tangkap dari mbak Putri, kemudian yang beruntung berikutnya mas Topan. Ia berbicara dengan suara lantang, mewakili nasib anak-anak terlantar di Indonesia, suara yang menggelegar, urat di leher muncul keluar, matanya melotot, langit mendadak gelap,  tiba-tiba hujan deras, petir menyambar. Sory-sory, lagi nonton Indosiar. Lalu ia bertanya dengan nada tinggi, “alam kita kaya, kalian pernah melihat Indonesia ? kalian pernah melihat tangisan Indonesia ?  kita bisa merasakannya”. Sebenarnya gue mau jawab, “saya pernah melihat Indonesia, apa kamu melihat mickrofon di depan mulutmu ? apa kamu malihat kita ini di ruangan tertutup ? telinga kami sakit mendengar suaramu”. Sayang, gue nggak sempet jawab kayak gitu. 


Terlepas dari itu, gue setuju dengan mas Topan, ia bilang alam kita kaya, dan kita satu-satunya negara di dunia yang bisa memproduksi beras dalam bentuk cair. Apa kamu tau ?   kamu tau ?  beras kencur asli Indonesia. Bagi yang berminat silahkan menghubungi saya (hanya menerima pembelian partai besar).
Habis itu kita istirahat, sholat + makan siang. Karena gue ada kesibukan lain, gue nggak ikut lanjut lagi di acara ini, begitu juga cerita gue yang harus berenti sampai disini.
17:35 PM  ;  4 Nov 2011

5 comments:

  1. . anreet kw bawa2 nama galau !!!
    nyindir keh ape kw neh. ?
    asem'lh cink ee,, segitu ee gak sampe2 d bawa2 gt !!!

    ReplyDelete
  2. ahahahhahaa... :D gw mah cuma ngeliad dari sudut pandang yang "negatif" dan itu juga menurut gw do .. dari segi realita kehidupan ajaa .. :D
    kalau semua hal yang tertera didalam Undang-undang or peraturan apa ajalah (whatever) juga pastinya menginginkan yang terbaik .. cumaaa....
    "mereka" itu tidak semuanya menjalankan kewajiban mereka, sehingga hak-hak yang ada menjadi terlewatin gitu aja..
    maklum, gw juga grogi kalee maju kdepan bgtu, ngomongny muter2 ky burung .. :D
    manteepp tulisannya, selamat berkarya bro !

    ReplyDelete
  3. wan bikin yang lebih gile agk
    soalnye ceritenye belom gile keag orangnye
    sip sip sip....
    (kakkakakakakkakkakkakak)

    bikin cerite tentang kwn futsal kite ye,
    yang pagi2 semngat bnar kea mo maen malamnye tu..
    eh tp tag dtg dye..
    akhirnye kwnnye yg lain kesal n marah2 di lapangan
    gr2 mrah jd kalah
    hadoohh....

    :)

    ReplyDelete
  4. @wizar: hahaha, ini fakta

    @putri: sama put, saya kan cuma memandang dari sudut kedodolan hahahha
    mari berkarya :D

    @adi: wakakakakaak sudah sudah, lupakan itu, sudah cukup saya terdzolimi

    ReplyDelete