Friday 11 November 2011

Cita-Citaku

Standard

Dalam postingan gue kali ini, gue pengen nyeritain pengalaman gue waktu kecil, kira-kira waktu itu umur gue 4,075 tahun, masih cupu banget. Ceritanya gini, waktu itu musim hujan, seperti biasa tiap sore gue latian teater di Play Grup gue. Hujan turun dengan derasnya, gue pergi dianter sama ibu gue pake payung. Sampe di tempat latian, sepi banget. Di sana cuma ada guru teater gue, guru gue bilang,” hari ini kamu latian sendiri ya, temen-temen kamu nggak datang”. Yaah, gue udah dateng hujan-hujan, malah nggak ada orang. Lalu ibu gue pamit ninggalin gue disana ibu tegaan, akhirnya tinggal gue sama ibu guru gue. Gue nggak enak banget, lho banyangin aja cowok dan cewek di dalam sebuah ruangan cuma berdua, yang ketiga pasti lho kan ?  Gue takut banget, gue takut kalo tiba-tiba dateng orang dan gue sama guru gue dikira lagi berbuat yang nggak-nggak, biar pun gue masih imut, tapi pikiran gue udah dewasa, umur 14 tahun aja bulu dada gue udah kayak karpet mushola. Akhirnya gue cuma berdiri di tepi jendela, gue ngitungin hujan, baru sampe dihitungan ke 1387,  tiba-tiba guru gue deketin gue, gue langsung menjauh, guru gue senyum, gue bales senyum, gue nyesel ! kenapa gue harus balas senyumnya, gue jadi lupa udah sampe berapa gue ngitung. Suasana mendadak hening, nggak lama terdengar suara langkah kaki, makin lama makin jelas, gue takut, akhirnya gue yang deket ke guru gue, gue pegang tangannya, sambil gue bilang, “bu, wawan atuuut”, guru gue cuma diem. Lalu dipegangnya tangan gue, nggak lama gue bilang ke guru gue, “ibu, tangan wawan cakit !”, guru gue bales, “kekencengan ya, maaf,maaf, ibu juga ketakutan”. Gue takut, guru gue takut, kita berdua takut-takutan. Pikiran gue kacau, gue mulai mikir yang serem-serem, gue takut yang datang itu suster ngesot berwajah sangar, penuh codet, dengan luka lebam, cepet-cepet gue bilang ke diri gue, itu nggak mungkin wawan, nggak ada suster ngesot mantan preman, lagian dia juga ngesot, nggak jalan. Bener juga kata hati gue. Sampai ketika, “kreeek,” suara gagang pintu dibuka. Kaki gue gemetar, gue nahan supaya gue nggak kencing di celana, jatuh pamor gue kalo sampe gue kencing di celana dan diliat sama guru gue. Lalu, selangkah kaki mungil muncul, “mati gue ini pasti tuyul, habis duet 100 perak gue”, gumam gue. Gue makin takut, guru gue tetap diem. Gue berdoa dalam hati, “ya allah, Kau tau apa yang ku mau, aamiin”. Ternyata yang dateng itu Susan sama Chila, asem banget. Gue sama guru gue sama-sama diem, kita nggak mau sampe mereka tau kalo kita ketakutan.
Sekarang di kelas ada gue, guru gue, Chila sama Susan. Kalo lho bingung darimana Susan sama Chila dateng, gue cuma bisa bantu jawab, mereka dari tadi. Karena bawaan suasana yang nggak sengaja mencekam, guru gue ngajakin kita nyanyi. Susan, Chila sama gue duduk berjejer, sedangkan guru gue duduk di hadapan kami semua. Kita semua nyanyi ...” balonku ada lima (gue seneng), rupa-rupa warnanya (wah, rame), hijau kuning kelabu, merah muda dan biru (gue polkadot), meletus balon hijau dooor, hatiku sangat kacau (gue galau), balonku tinggal empat, ku pegang erat-erat (gue was-was).. ”. setelah nyanyi gue bukan makin seneng, tapi malah kuatir, gue jaga bener-bener balon gue, jangan sampe ada yang pecah lagi atau dipecahin sama Susan, Chila atau guru gue, gue su’zon. Ngeliat kondisi anak muridnya yang tetap sama, guru gue akhirnya ngajakin kita ngobrol. Guru gue bertanya cita-cita kita satu per satu. Dimulai dari Susan, “Susan, Susan, kalo gede mau jadi apa?”. Dengan suara serak Susan jawab,” Susan kalo gede pengen jadi dokter, biar bisa nyuntik orang, njuss..njuuss..”. Gue diem, gue nggak bisa bayangin kalo Susan beneran jadi dokter. Karna gue nggak bisa bayangin, lho aja yang bayangin, Susan itu cuma bisa ngeliat ke satu arah, dan tatapannya kosong. Kalo lho jadi pasien dia, lho udah sakit keras, lho datang ke dia.
Lho         :” Dok, saya sakit.”
Susan    :” Iya, tau goblok, kalo nggak ngapain ke sini. Apa keluhannya ?”
Lho         :”  Perut saya pilek, hidung saya pusing, otak saya BABnya juga nggak lancar.”
Susan    :” Oke, tak suntik yo (gue lupa Susan itu wong Jowo), sini, sini, njuss..njus..
(tetap dengan pandangan kosong)
Nggak enak bangetkan, pengennya lho dateng ke dokter, tapi malah nyasar ke psikopat. Dan gue yakin, Ryan Jombang itu kecilnya pasti kayak Susan.
Selanjutnya, guru gue bertanya ke Chila, “Chila kalo udah gede, mau jadi apa ?”. Chila jawab,” kalo udah gede, Chila pengen jadi doktel, bial Chila bisa nyembuhin temen-temen Chila yang cakiit”. Gue terkejut, Chila kecil-kecil udah berangan tentang nepotisme. Saran gue, kalo lho sakit dan pengen berobat ke kliniknya Chila, lho harus add dulu fb nya Chila, atau follow dulu twitternya Chila, dan jangan lupa lho mention, follow back eaa kaKha’.
Jawaban Susan dan Chila tadi buat gue batalin niat gue yang pengen jadi dokter. Gue muter otak, gue mikir cita-cita gue yang baru. Tiba-tiba guru gue langsung tanya ke gue, “kalo Wawan cita-citanya mau jadi apa ?”. Spontan gue jawab,” nggak mau cakit bu !”. Guru gue bingung, Susan bingung, Chila juga bingung, gue dibingungin. Ini cita-citaku, apa cita-citamu ?

2 comments: